Selasa, 13 Maret 2012

GELORA AL-AZHAR FH UII


GELORA  AL-AZHAR DALAM PERAYAAN HARI BESAR ISLAM
Oleh :  M.Irham Roihan ( Koordinator Divisi Acara )


FH UII- Sebagian orang merayakan hari besar Islam Muharram dengan berbagai macam cara. Begitu pula, yang dilakukan oleh Takmir Masjid Al-Azhar FH UII. Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dirancang demi menyemarakkan perayaan hari besar islam, di antaranya Islamic Debate Competition Of Al-Azhar (ISBAT AL-AZHAR), Tabligh Akbar di Desa binaan jetis, dan Pengajian Akbar di fakultas hukum UII.
ISBAT AL-AZHAR yang diselenggarakan pada (17/12/11) merupakan kegiatan  yang dirancang bagi para mahasiswa yang ingin mengasah skill dalam berdebat  dan mengemukakan argumennya.  Selain itu, tujuan diselenggarakannya ISBAT adalah untuk menjalin ukhuwwah islamiyyah antara lembaga dakwah fakultas se-UII. Hal ini disambut baik oleh LDF dan para mahasiswa se-UII yang dibuktikan dengan antusiasme mahasiswa dan perwakilan lembaga dakwah fakultas dalam mengikuti ISBAT tersebut. Adapun isu-isu yang diangkat terkait grand theme di atas adalah mengenai eksistensi hukum pidana islam (jinayat) di Indonesia, implementasi pernikahan mut’ah di indonesia, aborsi yang dilakukan oleh korban pemerkosaan, hukuman mati bagi para koruptor, dan aksi jihad dalam bentuk terorisme dan lain sebagainya. Hasil dari perlombaan ISBAT Al-Azhar di peroleh beberapa gelar juara diantaranya, Juara 1 di menangkan oleh mahasiswa Fakultas hukum UII angakatan 2011, Juara 2 di menangkan oleh Himpunan Mahasiswa jurusan Hukum Islam (HMJ HI), dan juara ketiga di menangkan oleh LDF al-ghuraba dari Fakultas MIPA , dan LDF C-MIA dari Fakultas Kedokteran.
Kegiatan Al-Azhar yang lain adalah Tabligh Akbar di desa binaan, yang bertempat di Desa Jetis, Bantul. Kegiatan yang diselenggarakan pada (3/12/11) ini pun tidak kalah serunya dengan ISBAT Al-Azhar, karena gelora yang dikumandangkan oleh Ustadz Ilyas selaku pembicara dengan pembawaannya yang bijak  nan  humoris  benar-benar menghipnotis masyarakat di desa binaan, terbukti dengan banyaknya jumlah masyarakat yang antusias dalam mengikuti tabligh akbar tersebut. Dalam tabligh akbar tersebut dibuka dengan sambutan oleh dekan fakultas hukum, H. Dr.Rusli Muhammad S.H.,M.H , dan ditutup oleh penampilan grup musik pemuda desa jetis dengan alunan musiknya yang merdu.
Satu lagi kegiatan Takmir Masjid Al-Azhar yang diselenggarakan pada (26/11/11) yaitu Pengajian Akbar bersama Ustadz Kuswaedy di Masjid Al-Azhar. Acara ini di selenggarakan tepat setelah sholat dzuhur usai. Banyak hikmah yang didapatkan dari pengajian ini. Inti dari pengajian tersebut adalah teraktualisasikannya nilai-niai ke-Islaman pada masa kini sehingga diharapkan muncul  pribadi-pribadi muslim yang tangguh, berintegritas, dan berakhlak mulia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar