Sabtu, 11 Februari 2012

Pengumuman Lomba Karya Tulis Islam Ilmiah UI 2012






Alhamdulillah, Tim LDF FH UII yang terdiri dari Ahmadi Hasanuddin Dardiri, Marzha Tweedo, Dan Muhammad Irham Roihan lolos ke tahap selanjutnya. Judul LKTII yang di usung oleh Tim LDF FH UII ini adalah "Pernikahan Beda Agama Ditinjau dari perspektif Islam dan HAM. Semoga pada tanggal 17 Februari 2012 nanti, Tim ini dapat mengharumkan nama baik Universitas maupun LDF Takmir Masjid Al-azhar pada khususnya. Amin.

Ini dia Petunjuk teknis presentasinya..


PETUNJUK TEKNIS PRESENTASI
LOMBA KARYA TULIS ISLAM ILMIAH (LKTII)
ISLAMIC LAW NATIONAL SUMMIT (ILNS) 2012

A.  Petunjuk Umum
1.      Dari keseluruhan karya tulis ilmiah yang dikirim kepada panitia, tim juri materiil akan memilih 5 (lima) karya tulis ilmiah terbaik untuk maju ke tahap Presentasi  yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2012 di Kampus Universitas Indonesia
2.      Peserta adalah mahasiswa/kelompok mahasiswa yang telah mengumpulkan karya tulisnya dan dinyatakan lulus oleh juri materiil untuk masuk pada tahap selanjutnya yaitu penjurian presentasi.
3.      Peserta dan jumlah peserta yang mempresentasikan karya tulisnya, sesuai dengan yang tertera pada formulir pendaftaran
4.      Urutan presentasi didasarkan pada hasil pengundian nomor urut peserta, kelompok yang melakukan presentasi pertama dan seterusnya didasarkan pada hasil undian yang diambil ketika technical meeting tanggal 16 Februari 2012.
5.      Technical meeting diadakan untuk memperjelas tata tertib penjurian presentasi pada tanggal 17 Februari 2012
6.      Technical meeting akan dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2012 pukul 16.00 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia
7.      Panitia hanya menanggung akomodasi berupa penginapan selama 2 hari 2 malam dan konsumsi tanggal 17 Februari 2012*
8.      Peserta, pembimbing dan atau pengunjung tidak diperkenankan mengganggu ketertiban pelaksanaan presentasi. Panitia akan menghentikan acara presentasi apabila situasi dan kondisi dalam ruangan tidak tertib.
9.      Peserta wajib hadir pada waktu yang telah ditentukan dan apabila terlambat tidak ada perpanjangan waktu.
10.  Usahakan isi presentasi sesuai dengan kriteria penilaian


B.   Presentasi
1.    Presentasi dibuat dalam format Powerpoint 1997-2003 (.ppt)  dan dikumpulkan ke email panitia di lktii.ilns@gmail.com paling lambat tanggal 15 Februari 2012
2.    Setiap karya tulis ilmiah yang terpilih wajib dipresentasikan di hadapan tim juri dan audience pada tanggal 17 Februari 2012.  Penilaian dalam presentasi diutamakan pada kejujuran peserta dalam menyusun karya tulis ilmiah dan mempertanggungjawabkan. Peserta diharapkan menguasai materi, serta mampu menyajikannya dengan menarik dan kreatif.
3.    Seluruh peserta membawa peralatan dan bahan yang akan digunakan pada saat presentasi. Panitia hanya akan  menyediakan alat-alat bantu seperti  computer, LCD, proyektor, dan sound system.
4.         Dress Code  untuk presentasi karya tulis ilmiah adalah
·           Untuk peserta  Laki-laki             : Kemeja, Celana Bahan dan jas almamater , dan tanda pengenal
·           Untuk peserta Perempuan            : Kemeja, Rok / Celana Bahan dan jas almamater, dan tanda pengenal
5.         Pertanyaan terhadap presentasi karya tulis ilmiah berasal dari tim juri dan audience
6.    Semua mahasiswa peserta LKTII diwajibkan hadir dalam ruangan minimal 15 (lima belas) menit sebelum presentasi pada hari yang dijadwalkan dimulai
7.    Selama presentasi berlangsung, peserta dan audiensi tidak diperkenankan keluar-masuk ruangan.
8.    Semua materi presentasi harus sudah dimasukkan ke dalam komputer yang telah disiapkan panitia paling lambat 30 menit sebelum presentasi pada hari yang dijadwalkan
9.    Setiap peserta diwajibkan menghadiri seluruh acara presentasi kecuali jika ada halangan yang telah disampaikan dan diijinkan Dewan Juri
10.                        Apabila pada saat presentasi peserta tidak hadir, maka keikutsertaan kelompok tersebut dianggap gugur
11.     Setiap tim diberi waktu 45 menit, yang terbagi ke dalam beberapa sesi sebagaimana diuraikan di bawah ini:
·      Persiapan (pengecekan audio-visual, materi, dan lainnya) 5 menit
·      Presentasi 15 menit
·      Tanya jawab dan komentar juri 20 menit
·      Proses penjurian 5 menit
·      Serta wajib untuk mengikuti pembagian waktu yang diberikan di atas
12.     Time keeper / (panitia in charge)  mengawasi jalannya presentasi dan menghitung waktu berakhirnya setiap sesi. Time keeper / (panitia in charge) memberi tanda melalui bunyi ketukan untuk memulai presentasi, yang selanjutnya ketukan 2 (satu) kali sebagai tanda presentasi kurang dari 2 (dua) menit lagi, dan ketukan berkali-kali sebagai tanda bahwa waktu presentasi telah berakhir.

C.  Penilaian
1.      Penilaian dilakukan oleh 3 orang dewan juri dengan mengisi borang penilaian yang telah disediakan panitia
2.      Kriteria penilaian terdiri atas :
a.         Penyajian  karya tulis  (perangkat,  teknik,  dan sistematika  penyajian,  relevansi  penyajian  dengan judul dan isi makalah, cara bicara/penyampaian)
b.         Pemahaman peserta (bagaimana peserta menjawab pertanyaan Dewan Juri)
c.         Substansi  (tingkat  kebaruan permasalahan, prospek  dan  potensi  manfaat  ke  depan),  dan bobot keilmuan karya tulis
d.        Keyakinan  peserta (seberapa  jauh  peserta terhadap gagasan di dalam karya tulisnya)
3.      Penilaian juri tidak dapat diganggu gugat

D.      Juri
Tim juri presentasi lomba karya tulis islam ilmiah berjumlah 3 orang. Tim juri terdiri dari unsur akademisi dan praktisi  di tingkat nasional.

E.       Timeline
Tanggal
Waktu
Kegiatan
Jum’at, 17 Februari 2012
08.00 – 08.30
Pembukaan oleh MC

08.30 – 08.35
Persiapan oleh peserta dengan nomor urut 1 (satu)

08.35 – 08.50
Peserta presentasi

08.50 – 09.10
Tanya jawab oleh dewan juri

09.10 – 09.15
Penilaian oleh dewan juri

09.15 – 09.20
Persiapan oleh peserta dengan nomor urut 2 (dua)

09.20 – 09.35
Peserta presentasi

09.35 – 09.55
Tanya jawab oleh dewan juri

09.55 – 10.00
Penilaian oleh dewan juri

10.00 – 10.05
Persiapan oleh peserta dengan nomor urut 3 (tiga)

10.05 – 10.20
Peserta presentasi

10.20 – 10.40
Tanya jawab oleh dewan juri

10.40 – 10.45
Penilaian oleh dewan juri

10.45 – 10.50
Persiapan oleh peserta dengan nomor urut 4 (empat)

10.50 – 11.05
Peserta presentasi

11.05 – 11.25
Tanya jawab oleh dewan juri

11.25 – 11.30
Penilaian oleh dewan juri
Break shalat Jum’at dan makan siang

13.00 – 13.05
Persiapan oleh peserta dengan nomor urut 5 (lima)

13.05 – 13.20
Peserta presentasi

13.20 – 13.40
Tanya jawab oleh dewan juri

13.40 – 13.45
Penilaian oleh dewan juri

13.45 – 14.00
Pemberian plakat untuk dewan juri

14.00
Penutupan oleh MC



*kebijakan ini dapat berubah sewaktu-waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar